Apa Itu Baja Ringan?

Baja ringan adalah salah satu material bangunan yang biasanya digunakan untuk konstruksi, terutama pada bagian atap bangunan. Baik itu digunakan untuk pembangunan rumah, gudang, tempat parkir, pabrik, maupun bangunan lainnya yang biasa dibuat dalam konstruksi.

Baja ringan ini kebanyaka terbentuk dari bahan dasar campuran antara seng dan alumunium. Penggunaan baja ringan pun akhirnya mebgalami kemajuan, terutama dalam segi mutu. Sudah semakin banyak produsen Rangka atap baja ringan yang menyesuaikan pembuatan material ini dengan standar SNI ( Standar Nasional Indonesia ).

Keunggulan

1. Ringan dan Mudah Memasangnya
Berat atap baja ringan ini cukup ringan jika dibandingkan dengan material pembuat atap lainnya, yaitu hanya sekitar 9 kg / m2. Sifatnya yang ringanini juga memudahkan para pekerja konstruksi untuk memasang rangka atap tersebut.

2. Kuat dan Awet
Meskipun material yang satu ini ringan, namun keunggulan dari baja ringan itu sendiri adalah penggunaannya yang cukup uat dan awet. Bahkan, bahan bangunan tersebut tidak akan berkarat dan tahan menghadapi cuaca ekstrem, sehingga bisa melindungi rumahmu dengan maksimal.

3. Mudah Dibentuk dan Disambung
Atap baja ringan bisa menjadi solusinya untuk membuat atap banguan yang sesuai dengan keinginan Anda. Hal ini dikarenakan material baja ringan ini dapat dengan mudah dipotong dan dibentuk mengikuti bentuk rangka atap yang kita inginkan. Selain itu, baja ringan juga dapat disambungkan dengan jenis atap lainnya menggunakan material penghubung baja.

4. Tegangan Tarik Tinggi
Atap baja ringan ternyata memiliki karakteristik yang lebih lentur jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Kelenturan rangka atap ini tentu sangat penting karena semakin besar tegangan tarik atap, semakin banyak energi yang bisa diserap.

Tinggalkan Balasan